Cara Sukses Bebas Finansial Di Usia Muda

Yakni, mengetahui tujuan keuangan, memiliki anggaran yang matang untuk setiap pengeluaran rutin, bebas utang konsumtif. Di Indonesia, pemutusan hubungan kerja membuat sekitar seven juta orang harus kelenyapan pekerjaan. Krisis Covid juga membuka mata kita betapa ada puluhan juta orang dan keluarga yang bukan memiliki dana darurat / tabungan sama sekali. Mereka hanya mengandalkan penghasilan harian, yang belum tentu mencukupi kebutuhan hidup.

Dan, tak sedikit berharap mendapatkan trik tuk membantu mereka mencapai kebebasan finansial alias kemerdekaan finansial. Kebebasan finansial adalah zaman dimana kita terbebas dri utang dan tidak patut lagi pusing untuk membayar cicilan ini itu. Kebebasan secara finansial hanya bisa dicapai oleh orang-orang yang mau belajar dan bekerja untuk mencapainya. Salah satu cara mempercepat pelunasanan utang dan cicilan adalah dengan memiliki tambahan penghasilan. Tambahan penghasilan bisa diperoleh menggunakan investasi yang menghasilkan recurring income.

Pendidikan keuangan terkadang harus ditingkatkan dari diri sendiri dan keluarga. Tidak sedikit orang yang tidak memiliki potensi dan mampu menghargai uang dengan baik.

Financial freedom tidak bisa dicapai hanya karena minimal gaji sudah mencapai 2 digit. Sebaliknya, financial flexibility memerlukan waktu yang relatif lama untuk mencapainya. Setiap orang memerlukan waktu yg berbeda dalam mencapai kebebasan finansial karena keinginan dan kebutuhan setiap orang terkadang berbeda. Ia pun mengungkap ciri-ciri seseorang memiliki kebebasan finansial.

Sehingga uang Anda bisa dipergunakan untuk hal-hal yang lebih berguna dan alangkah baiknya lagi. Saat ini waktunya bersiap untuk mencapai kebebasan efek. Mencapai kebebasan finansial mempunyai arti yang berbeda bagi setiap orang; hal ini karena pengaruh perbedaan keperluan dan keinginan yang anda miliki.

Kebebasan finansial sifatnya personal dan tidak sanggup dibandingkan dengan orang lain. Mungkin Sobat Pintar menganggap bos di kantor sudah mencapai kebebasan finansial dikarenakan sudah memiliki gaji besar, punya mobil mewah serta tinggal di rumah kawasan elite. Faktanya, gaji yg besar tidak lantas menyajikan seseorang memiliki kebebasan finansial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *