Mau Bebas Finansial? 6 Tip Keuangan Ini Membuat Kamu Bebas Finansial

Melakukan pinjaman atau berutang memang tidaklah sebuah hal yang haram untuk dilakukan, tapi bukan berarti bisa seenaknya sendiri melakukan pinjaman. Banyak dalam harus dipertimbangkan termasuk kemampuan untuk membayarkannya kembali. Bila Anda memiliki tujuan hidup untuk bebas secara finansial, maka berutang harus dicoret dari daftar hal dalam harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Tahap hidup tenang dan damai ini adalah fase dalam mana kita mencapai apa yang dinamakan dengan kebebasan finansial. Kebebasan finansial dicapai dengan mengedepankan pendapatan pasif yang melebihi biaya hidup dan gaya hidup sehari-hari. Inilah tahap hidup dalam banyak diimpikan dan tidak mustahil diwujudkan.

Ayah Robert bekerja untuk pemerintah dan ayah Jimmy bekerja untuk perusahaan, namun ayah Mike adalah seorang pebisnis. Nabung saham memungkinkan kita mencapai kebebasan finansial. Selain keuntungan dari pertambahan harga saham, kita seperti investor juga berpeluang memperoleh dividen setiap tahunnya.

Sementara libra dari dukungan orang tertentu dapat mendukung memperkokoh posisi finansial. Robert menjelaskan peraturan sederhana agar menjadi kaya. Peraturan tersebut adalah membedakan aset dan kewajiban, kemudian membeli substansi. Aset adalah sesuatu yang membawa uang masuk ke kantong kita, sedangkan kewajiban membuat uang keluar dari kantong kita.

Suatu waktu, teman sekolah mereka dalam bernama Jimmy pergi berlibur di resort milik orang tuanya, namun Robert lalu Mike tidak diajak hal ini karena mereka miskin. Robert berdiskusi pada ayahnya, bagaimana trik menjadi kaya, dan ayahnya menjawab yaitu bekerja buat mendapat uang. Robert dan Mike mencoba berbisnis kecil-kecilan namun gagal karena yg mereka lakukan ternyata unlawful.

Peraturan simple ini dilakukan oleh orang kaya, namun tidak akibat kelas menengah dan orang miskin. Orang kaya membeli aset, orang miskin semata-mata memiliki beban pengeluaran, serta orang kelas menengah membeli kewajiban yang dikira substansi. Contoh yang diberikan Robert adalah dalam membeli dalam rumah, orang miskin dan kelas menengah menganggap rumah merupakan aset yang paling bernilai, sedangkan bagi orang kaya rumah adalah kewajiban. Robert bercerita tentang masa kecilnya ketika berusia 9 setahun. Saat itu Ia merasa miskin karena sekolah diantara anak-anak orang kaya, yang miskin di sekolahnya hanyalah Robert dan seorang temannya bernama Mike.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *